Feeds RSS

Rabu, 16 April 2014

Animagus

Animagus adalah penyihir yang mampu merubah dirinya menjadi bentuk binatang tertentu. Kemampuan ini didapat dari proses belajar, bukan dari keturunan, tidak seperti metamorphmagus. Beberapa animagi yang di kenal diketahui mengambil bentuk dari Patronus mereka, tapi tidak dipastikan apakah semua animagi juga begitu.
Hanya penyihir sangat kuat dan terampil yang mampu menjadi animagi. Proses menjadi animagus panjang dan sulit, dan berpotensi menjadi boomerang bagi penggunanya yang menyebabkan transformasi ke bentuk yang salah bahkan mengerikan. Setelah pelatihan awal selesai, animagus bisa berubah setiap saat tanpa menggunakan wand.
Animagi hanya dapat mengambil bentuk satu hewan tertentu. Bentuk hewan tidak dipilih oleh penyihir, tapi ditentukan oleh kepribadian dan sifat-sifat batin. Jadi,bentuk animagus adalah refleksi dari sifat batin seseorang. Namun tidak diketahui pasti apakah animagi juga dapat mengambil bentuk makhluk yang lebih "ajaib".
Setiap animagus memiliki tanda identifikasi pada bentuk hewan mereka yang disebabkan oleh sesuatu di tubuh manusianya. Hal itu bisa berupa sifat fisik seperti struktur gigi, atau sifat yang diperoleh dari benda yang melekat padanya seperti kacamata. Sebagai contoh, Minerva McGonagall dan Rita Skeeter memiliki tanda-tanda pada bentuk animagus mereka berupa kaca mata, dan Peter Pettigrew memiliki titik botak pada bentuk animagus dari kepala botak nya. Jika animagus mengalami perubahan fisik yang besar, seperti kehilangan anggota badan, bentuk binatang mereka juga akan mencerminkan hal itu. Animagus dalam bentuk hewan akan mempertahankan umur dari manusia biasa.
Selain itu, pakaian akan lenyap saat berubah menjadi animagus dan akan kembali ketika sudah berubah ke bentuk semula sebagai penyihir. Apa yang terjadi pada pakaian secara fisik tidak diketahui. Kemungkinan kuat pakaian tersihir terlebih dahulu, dan akan menghilang seiring perubahan animagus. Contohnya adalah ketika Peter Pettigrew beranimagus menjadi tikus untuk melarikan diri dari Sirius dan severus saat mereka tengah menahan lupin untuk berubah menjadi werewolf.
Perbedaan Transfigurasi dengan Animagus
Perbedaan antara transfigurasi dan animagus adalah animagus dapat berubah menjadi binatang kapan pun mereka inginkan, tanpa tongkat atau sebuah mantera. Animagus merupakan suatu kemampuan/keterampilan/skill, sedangkan transfigurasi membutuhkan mantra. Animagus masih memiliki pemikiran sebagai manusia ketika mereka berubah menjadi hewan,
Contoh : Rita Skeeter mampu menguping percakapan manusia 'ketika dia dalam bentuk kumbang
Namun, perasaan animagus tidaklah serumit ketika mereka dalam wujud hewan mereka.
Animagus juga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan hewan normal. Contohnya saat Sirius Black  berkomunikasi dengan crookshanks, kucing milik Hermione. Selain itu Peter Pettigrew juga mampu berbicara dengan tikus-tikus di sekitarnya dalam perjalanannya di Albania saat ia mencari voldemort . 
Perbedaan Animagus dengan Werewolf
Hal ini juga penting untuk dicatat, bahwa werewolf secara fundamental berbeda dari Animagus. Lycanthropy disebabkan oleh infeksi darah yang ditularkan melalui gigitan werewolf, sedangkan keterampilan animagus itu didapat melalui proses belajar. Manusia serigala tidak bisa menjaga pikiran mereka setelah transformasi (kecuali mereka meminum ramuan wolfbane ), juga tidak dapat mereka kontrol ketika mereka ingin berubah, sementara Animagi dapat melakukan keduanya. Manusia serigala diketahui dapat membahayakan manusia dan di paksa untuk melakukan transformasi ketika bulan purnama. Sedangkan animagus bertransformasi atas kehendaknya sendiri.
Hukum Sihir
Setiap animagus perlu mendaftarkan diri mereka ke kementrian sihir pada divisi penggunaan sihir yang tidak pada tempatnya.  Pendaftaran ini termasuk mengungkapkan bentuk binatang seseorang dan tanda-tanda yang membedakannya dengan yang lain. pendaftaran tersedia untuk umum. Alasan utama untuk pendaftaran adalah untuk memastikan animagi tidak menyalahgunakan kemampuan mereka, agar departemen kementrian dapat melacak mereka. Hukuman bagi penyihir yang didapati tidak mendaftarkan animagusnya adalah penjara Azkaban.
Ada tujuh Animagi terdaftar pada abad kedua puluh, yaitu :

Falcon Aesalon - Falcon dan animagus pertama yang tercatat
Morgan le Fay - Burung
Cliodne - Burung Laut
Minerva McGonagall - Kucing tabby
Babbitty - Rabbit 
Mirabella Plunkett - Ikan
Circe - Babi

Animagus Tidak terdaftar :

James Potter - Rusa Jantan
Sirius Black - Anjing Hitam
Peter Pettigrew - Tikus
Rita Skeeter - Kumbang

0 komentar:

Posting Komentar